Ayo kita hidup sehat dengan sayuran hidroponik

Journal

Ide awal & alasan-alasan membuat kebun sayur hydroponic jirifarm

Ide awal

Ketika terbang dari hongkong ke SanFrancisco pada agustus 2008, saya nonton discovery channel yang menayangkan film mengenai masalah global warming. Para ahli dari berbagai negara menawarkan berbagai solusi. Salah seorang ahli dari Singapore mengusulkan disetiap atap gedung pengcakar langit agar ditanami pohon dengan teknologi hidroponik untuk mengatasi masalah global warming tersebut.

Alasan alasan berkebun dengan tehnik hidroponik

Teknologi hidroponik adalah cara menanam sayur/tanaman tanpa memakai media tanah. Ada beberapa kelebihan berkebun dengan teknik hidroponik dibandingkan dengan berkebun cara traditional antara lain:

  • Tidak membutuhkan luas area tanam yang luas, karena dari pengalaman telah terbukti per m2 hasil panen cara hidroponik lebih tinggi dibandingkan cara tanam traditional.
  • Tidak membutuhkan air yang banyak. Biasanya irigasi dalam hidroponik adalah air nutrisi ditampung kembali dan dipakai lagi.
  • Nutrisi tanaman dapat diatur sesuai kondisi dan kebutuhan tanaman sehingga pertumbuhannya menjadi cepat.
  • Dengan tidak memakai media tanah, tanaman/sayuran dapat terhindar dari macam2 hama yang ada ditanah. dengan demikian tidak dibutuhkan peptisida untuk membunuh hama.

Tiap tahun banyak masyarakat desa mencari kerja ke kota besar. Jakarta dan kota sekitarnya (Jabodetabek) dalam 10 tahun terakhir ini telah bertumbuh dengan pesat dalam menampung imigran penduduk desa. Akibat semua ini :

  • Lahan pertanian telah berubah menjadi pemukiman sehingga lahan perkebunan untuk sayur mayur menyusut dengan pesat.
  • Air tanah berkurang dratis karena lahan terbuka banyak yang telah berubah fungsi menjadi jalan, perumahan sehingga tanah resapan air telah tiada.
  • Dibutuhkannya sayur mayur dalam jumlah yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan penduduk yang kian bertambah.
  • Harga sayur mayur yang makin mahal karena perlu didatangkan dari kota yang lebih jauh (jawa tengah).

Perusahaan tempat saya bekerja(PT curug Lestarimaju, www.innofoto.com) kebetulan memiliki lahan kosong seluas 2 ha. Perusahaan melihat adanya peluang bisnis dalam menawarkan sayuran sehat untuk warga jabodetabek, maka didirikanlah kebun sayur hidroponik jirifarm.

Mulai berkebun

Maka mulai awal tahun 2010, saya mulai belajar tanam sayur dengan tehnik hidroponik secara otodidak. saya baca buku mengenaik hidroponik, ikut pelatihan sehari di kebun hidroponik sekitar bogor. Saya juga banyak belajar dari seorang pakar hidroponik.

Perusahaan membentuk tim kecil yang anggotanya diambil dari karyawan PT Curug Lestarimaju. Perusahaan memakai kontraktor greenhouse untuk membuat greenhouse seluas 1200 m2. Karena proses fabrikasi greenhousenya agak lama, sambil menunggu tim kecil jirifarm bereksperimen:

  • membuat sistem hidroponik dilahan seluas 300m2. Kita namakan lahan itu kebun satu. Kita bereksperimen dengan system drip dimana kita coba tanam melon, timun, tamat cherry dan cabai. Untuk system floating raft kita coba tanam kangkung, bayam dan pakcoy.

    kebun1 hidroponik jirifarm

  • Kita juga berekperimen dilahan 250 m2 yang kita namai kebun dua. Mula2 Kita coba tanam pakcoy dimedia serbuk kayu. Kita coba setup system nft (nutrient film technik) utk menanam kangkung. Akhirnya kita setup hidroponik dengan system airoponik.

    kebun 2 hidroponik jirifarm

  • Rumah kaca yang kami tunggu2 selesai juga. Kita namakan kebun tiga. Didalam kebun tiga kita memakai system hidroponik floating raft, NFT dan airoponik. Kita Tanami Kangkung, bayam merah dan hijau, pakcoy, selada, kailan, caisim.

    kebun 3 hidroponik jirifarm

  • kita juga coba buat kebun empat untuk tanam sayur sehat khusus memakai sistim hidroponik floating raft . kita coba tanam selada.

    kebun 4 hidroponik jirifarm

  • Terakhir kita coba buat kebun lima untuk tanam sayur sehat khusus memakai sistim hidroponik NFT.

    kebun 5 hidroponik jirifarm

Sekarang sayuran sehat jirifarm telah dapat anda temui dibeberapa toko buah disekitar Jakarta.

Kami akan menceritakan pengalaman kami di kebun satu sampai lima di artikel2 kami yang akan datang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: