Pengalaman dan eksperimen di kebun 2 hidroponik jirifarm

Media serbuk kayu dan arang sekam

Serbuk kayu dan arang sekam adalah media yang murah, ringan dan tersedia luas. Biasanya banyak dipergunakan untuk menanam tanaman buah seperti tomat, timun dan paprika dalam polybag dan irigasi sistem biasanya adalah sistem tetes (drip ).

Kami membuat bak persegi empat setinggi  30 cm untuk menampung serbuk kayu. Pipa pralon sebesar 5 cm diletakkan dalam bak untuk pengeluaran air yang berlebih. Kami menyirami tanamannya beberapa kali sehari secara manual.

beberapa bak serbuk kayu kebun hidroponik

beberapa bak serbuk kayu kebun hidroponik

Panen pakcoy di bak serbuk kayu kebun hidroponik

panen pakcoy di bak serbuk kayu kebun hidroponik dua jirifarm

Kami berhasil panen pakcoy dengan metode ini. Pada saat kami panen, kami menemukan bahwa banyak serbuk kayu yang hinggap pada akar sayuran,sehingga kami harus membersihkan akar sayuran sebelum melakukan pembungkusan. Hal ini menambah biaya tenaga kerja. Akhirnya kami memutuskan tidak memakai metode ini untuk menanam dan menghasilkan sayuran hidroponik yang bersih dan sehat.

Kami bereksperimen dengan sistim NFT ( nutrient  film technique ). Sistim ini adalah tehnik media air yang dimana akar sayuran bertumbuh dalam talang yang cairan nutrisi secara terus-menerus disirkulasi dan membasahi akar sayuran. Kami mempergunakan talang rumah. Kami membuat ganjelan supaya ada ruangan untuk akar sayuran antara gabus putih dan dasar talang. Dapat dilihat pada foto dibawah ini.

talang untuk nft kebun hidroponik

talang untuk nft kebun hidroponik dua jirifarm

Eksperimen nft ini berhenti ditengah jalan karena masih banyak hal-hal yang masih perlu kami pelajari, seperti kemiringan talang, pembuatan pipa pralon utk mengsirkulasi nutrisi. Bersamaan ini kami juga membaca mengenai sistim aeroponik. Akhirnya kami memutuskan merancang sistim aeroponik untuk kebun dua.

Kami membuat kolam nutrisi yang cukup besar. Tujuannya adalah disamping sebagai tempat tampung nutrisi  juga dapat ditanami sayuran memakai sistim floating raft (sistim apung ). Gambar dibawah ini.

bak nutrisi yg ditanam di kebun hidroponik

Dibawah ini adalah foto-foto aeroponik kebun hidroponik dua jirifarm.

bayam merah aeroponik kebun hidroponik jirifarm

Bayam merah hasil tanam aeroponik kebun hidroponik 2

kangkung dan caisim aeroponik kebun hidroponik dua jirifarm

kangkung & caisim aeroponik kebun hidroponik 2

Aeroponik kebun hidroponik dua jirifarm dilihat dari luar

Sistem Aeroponik kebun hidroponik dua jirifarm dilihat dari luar

kailan caisim aeroponik kebun hidroponik dua jirifarm

kailan caisim aeroponik kebun hidroponik dua jirifarm

Demikianlah pengalaman kami di kebun hidroponik dua jirifarm. Semoga pengalaman yang kami sharing dapat bermanfaat bagi anda sekalian. Mengenai sistim aeroponik sendiri akan kami bahas dalam artikel dikemudian hari.

Iklan

1 Comment

  1. Salam,,pak mau tanya,,kalau pakai system NFT meng ON kan aliran airnya sehari berapa kali dan kira2 jam berapa idealnya pak? saya masih bingung sama artikel2 yang menggunakan timer untuk menghidupkan pompa. dan jam berapa ngidupin aliran tidak dijelaskan,,mohon bimbingan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s