Pengalaman kebun 3 hidroponik jirifarm

Akhirnya selesai juga greenhouse kami setelah tiga bulan pengerjaan dan memiliki luas sekitar 1200 m2. Pada kebun tiga ini kami memakai tiga macam metode tanam hidroponik, yaitu floating raft, nft dan aeroponik.

  • Tehnik floating raft adalah tehnik dimana akar tanaman terendam didalam air larutan nutrisi, oksigen dipompa kedalam air supaya akar mendapat oksigen yang cukup. Air didalam kolam bersirkulasi 2-3 liter per menit supaya kandungan nutrisi merata diseluruh kolam.
  • Tehnik nft (nutrient film technique ) adalah cara bertanam yang dilakukan dengan mengalirkan terus menerus larutan nutrisi dari kolam nutrisi melewati akar tanaman.Kami menggunakan talang air hujan yang terbuat dari fiber. Diatas talang kami tutupi gabus putih yang telah dibolongi untuk tempat tanam. Penyangga talang dibuat miring supaya air nutrisi didalam talang mengalir membentuk lapisan air tipis yang melalui akar tanaman.
  • Tehnik aeroponik adalah tehnik dimana tanaman digantung dan akarnya yang tergantung disirami/disemprot dengan larutan nutrisi terus menerus.Dengan demikian tanaman mendapat nutrisi dan oksigen dengan cukup sepanjang waktu.

Sayuran yang kami tanam adalah kangkung, bayam hijau, bayam merah, pakcoy, kailan, selada, caisim dan siomak. Dapat di lihat dibawah ini terdapat beberapa foto kebun tiga.

kebun hidroponik tiga jirifarm tampak dari jauh

Tampak dari jauh kebun hidroponik tiga jirifarm yang baru selesai dibangun.

sebaris talang nft kebun hidroponik tiga jirifarm

Foto sebaris talang nft yang ditanami kangkung

kangkung di talang nft kebun hidroponik tiga jirifarm

kangkung di talang nft kebun hidroponik tiga jirifarm

Beberapa baris talang sistim nft di kebun hidroponik tiga jirifarm

Beberapa baris talang sistim nft di kebun hidroponik tiga jirifarm

bayam merah di talang nft kebun hidroponik tiga jirifarm

bayam merah di talang nft kebun hidroponik tiga jirifarm

Tampak dari dekat foto bayam hijau di talang nft kebun hidroponik tiga jirifarm

Tampak dari dekat foto bayam hijau di talang nft kebun hidroponik tiga jirifarm

Foto Sedang panen kangkung di talang nft kebun hidroponik tiga jirifarm. Diujung terlihat karyawan sedang mengaduk larutan nutrisi yang ada dalam drum fiber.

Foto panen kangkung di talang nft kebun hidroponik tiga jirifarm. Diujung terlihat karyawan sedang mengaduk larutan nutrisi yang ada dalam drum fiber.

Foto kailan siap panen di talang nft kebun hidroponik tiga jirifarm

Foto kailan siap panen di talang nft kebun hidroponik tiga jirifarm

Foto kolam larutan nutrisi yang ditanami selada di kebun hidroponik tiga jirifarm. Terlihat 2 baris talang nft di kiri kanan kolam larutan. Air dipompa dari kolam larutan, talang dialiri air dari ujung talang. Air akan mengalir secara alami melalui talang yang diletakkan miring kembali ke kolam larutan.

Foto kolam larutan nutrisi yang ditanami selada di kebun hidroponik tiga jirifarm. Terlihat 2 baris talang nft di kiri kanan kolam larutan. Air dipompa dari kolam larutan, talang dialiri air dari ujung talang. Air akan mengalir secara alami melalui talang yang diletakkan miring kembali ke kolam larutan.

Foto pakcoy yang sudah tumbuh besar di kolam larutan nutrisi kebun hidroponik tiga jirifarm

Foto pakcoy yang sudah tumbuh besar di kolam larutan nutrisi kebun hidroponik tiga jirifarm.

Foto sistim aeroponik yang baru ditanami kangkung di kebun hidroponik tiga jirifarm. Disini kita membuat bak dari batako. Didalamnya diletakkan selang yang setiap jarak 30-50 cm dipasang springkle

Foto sistim aeroponik yang baru ditanami kangkung di kebun hidroponik tiga jirifarm. Disini kita membuat bak dari batako. Didalamnya diletakkan selang yang setiap jarak 30-50 cm dipasang sprinkle.

Foto kangkung yang sudah tumbuh besar, bayem merah di baris dua, karyawan sedang menanam di baris tiga. Terlihat juga pakcoy masih kecil di baris dua.

Foto kangkung yang sudah tumbuh besar, bayam merah di baris dua dan karyawan yang sedang menanam di baris tiga. Terlihat juga pakcoy masih kecil di baris dua.

Foto selada yang sudah tumbuh besar di aeroponik kebun hidroponik tiga jirifarm.

Foto selada yang sudah tumbuh besar pada sitem aeroponik, dikebun hidroponik tiga jirifarm.

Foto bayam hijau siap panen di aeroponik kebun hidroponik tiga jirifarm

Foto bayam hijau siap panen pada sistem aeroponik, di kebun hidroponik tiga jirifarm.

Terlihat  bibit yang sudah tumbuh siap dipindahkan ke talang nft, kolam larutan nutrisi atau aeroponik.

Terlihat  bibit yang sudah tumbuh & siap dipindahkan ke talang nft atau kolam larutan nutrisi (aeroponik).

Dari pengalaman kami di kebun hidroponik tiga jirifarm dapat kami simpulkan bahwa kombinasi sistem hidroponik floating raft (kolam larutan nutrisi yang ditanami) dan nft cukup bagus. Tanaman yang ditanam di floating raft tidak kekurangan oksigen walaupun memakai pompa. Hal ini disebabkan banyaknya air yang mengalir jatuh dari talang-talang (nft) kedalam kolam yang menghasilkan gelembung-gelembung oksigen.

Demikianlah sedikit pengalaman kami di kebun hidroponik tiga jirifarm yang dapat kami bagikan,semoga bermanfaat bagi pembaca.

Iklan

6 Comments

  1. Saya tertarik menekuni pertanian hidroponik. Saya ingin menanyakan dimana saya bisa belajar tentang tehnik hidroponik? Apakah sayuran hidroponik menguntungkan dari sisi bisnis mengingat mahalnya investasi awal yang mesti dikeluarkan? Terima kasih atas jawabannya.

  2. pak tinggal dimana? mungkin bisa ikut komunitas di facebook, dari fb banyak info pelatihan pak. kalau pak tinggal daerah Surabaya bisa ikut komunitas Kebun sayur surabaya ada pelatihan segala pak

    1. Hi, maaf kami baru aktifkan kembali website ini. Terimakasih sudah berkunjung 🙂 Kami di Tangerang. Kami sudah cukup banyak mengadakan pelatihan hidroponik. Saat ini kami sedang mengembangkan pelatihan untuk Aquaponik. Mudah2an bisa cepat terealisasi 🙂

  3. Saya sedang mencoba teknik hidroponik sistem floating raft yang sudah saya beli staterkitnya dari jiri farm tp saya masih bingung untuk aeratornya itu dinyalakan 24 jam atau gimana ya?

    1. Hi Tia, maaf kami baru aktifkan kembali website ini. Untuk starterkit floating raft aeratornya sebaiknya dinyalakan 24 jam supaya kebutuhan oksigen tercukupi 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s