Ayo kita hidup sehat dengan sayuran hidroponik

Metode bercocok tanam tanpa medium tanah atau lebih dikenal dengan metode hidroponik kini makin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sejumlah kelebihan yang dimiliki metode ini turut mendongkrak popularitasnya. Mari kita telaah satu per satu kelebihan-kelebihannya :

  1. Hama akan dapat dikurangi. Hal ini karena medium yang digunakan adalah medium-medium steril. Hama dan penyakit yang tidak biasa dijumpai pada metode penanaman dengan media tanah masih mungkin terjadi, namun akan jarang sekali dan kalaupun terjadi hama dan penyakit ini tidak akan menimbulkan masalah besar. Tanaman dalam unit-unit hidroponik yang terpelihara baik akan menjadi sangat sehat. Tanaman-tanaman sehat tentu lebih resisten terhadap penyakit, dan proses recovery dari kerusakan akibat hama dan penyakit akan lebih cepat.
  2. Ramah lingkungan. Karena metode ini tidak menggunakan pestisida atau obat hama yang dapat merusak tanah.
  3. Tidak membutuhkan lahan yang luas. Media tanaman dapat dibuat secara bertingkat. Oleh karena itu hidroponik dapat dilakukan dimana saja, di halaman rumah, di dalam apartemen, di dalam garasi. Bahkan karena pengerjaannya yang relatif bersih, bercocok tanam secara hidroponik pun dapat dilakukan di dalam kamar.
  4. Penggunaan air yang lebih efisien. Dengan metode hidroponik, penyiraman air tidak perlu dilakukan setiap hari. Media larutan mineral yang dipergunakan selalu tertampung dalam wadah yang dipakai.
  5. Pemakaian pupuk dapat lebih dihemat. Masa tanam yang singkat dan nutrisi yang langsung terserap oleh tanaman membuat pemberian pupuk tak sebanyak pada metode tanam bermedium tanah.
  6. Pertumbuhan tanaman lebih cepat. Kualitas hasil tanaman dapat terjaga, kuantitas pun dapat lebih meningkat.
  7. Kualitas mutu tanaman yang dihasilkan akan lebih sempurna dan tidak kotor.
  8. Menghemat ongkos biaya tenaga kerja. Metode kerja yang sudah distandarisasi, lebih memudahkan pekerjaan dan tidak membutuhkan tenaga kasar.
  9. Tidak mengenal musim. Sehingga tanaman dapat ditanam dan kemudian dipanen di luar musimnya.

Dengan sekian banyak deretan keunggulan metode hidroponik, tidak mengherankan rasanya apabila masyarakat mulai mengalihkan pilihan pada hasil panen kebun Hidroponik. Bagaimana dengan Anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: