Pentingnya Kalsium Bagi Tubuh

Apa sih pentingnya kalsium untuk tubuh kita ? Pada masa remaja atau saat anda masih muda, banyak yang tidak menyadari bahwa kalsium dalam tubuh kita sangat penting. Memang kekurangan kalsium biasanya dirasakan efeknya setelah anda berusia 40 tahun keatas.Fungsi kalsium sangat banyak dari mulai metabolisme tubuh, untuk kerja jantung, dan yang paling penting untuk nutrisi tulang tubuh kita. Makanya, banyak sekali orang yang berumur 40 tahun keatas sudah mengalami osteoporosis atau tulang keropos.
Orang yang kekurangan kalsium karena kurangnya konsumsi susu dan sayuran pada masa remaja, banyak sekali yang menderita penyakit tulang pada usia tua mereka, dari mulai nyeri otot, osteoporosis, kekebalan tubuh yang berkurang, gangguan pada fungsi jantung, sampai kepada daya ingat yang berkurang.

Kalsium sangat memberi peranan penting untuk kekerasan tulang anda, karena kalsium mampu membentuk elemen-elemen kerangka yang dapat menopang berat badan anda dengan baik. Jika kita kekurangan kalsium, akan terjadi mekanisme kerja metabolisme yang kurang baik dalam sel tulang anda.

Sebaiknya anda mulai konsumsi kalsium yang bisa anda dapatkan dari susu murni atau sayuran yang kaya akan kandungan kalsium, karena sangat baik dan tubuh akan mendapat pasokan nutrisi kalsium yang baik. Terutama pada sayuran-sayuran yang nengandung banyak  kalsium seperti bayam, kangkung, daun singkong dan lain-lain. Dengan demikian, badan anda sehat, dan tulang anda menjadi kuat sehingga tidak menyebabkan beberapa penyakit yang terjadi di tulang tubuh anda.

 

Sumber : tips-sehat.info

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s