Ayo kita hidup sehat dengan sayuran hidroponik

15 Makanan Kaya Serat

Beberapa manfaat serat adalah menurunkan gula darah, kolesterol, bahkan mencegah kanker usus besar dan membantu mencegah wasir. Nah, untuk mendapatkan kandungan serat untuk tubuh, Anda bisa mengonsumsi 15 makanan kaya serat berikut ini, seperti dilansir Medicmagic, Kamis (29/12/2011):

Jagung

Berbagai jenis jagung memiliki kombinasi nutrisi antioksidan. Sekira setengah biji jagung mengandung 2 gram serat. Popcorn juga merupakan sumber makanan kaya serat dan rendah kalori. Popcorn dapat menyediakan sekira 3,5 gram asupan serat di saat Anda mengonsumsinya.

Kacang merah

Selain kaya serat, protein, dan zat besi, kacang merah juga merupakan salah satu sumber gizi terbaik. Bila Anda mengonsumsi kacang merah sebanyak 1 cangkir, itu berarti akan mencakup 25 persen dari kebutuhan harian nutrisi yang memerangi hipertensi.

Kacang hitam

Kacang hitam mengandung 15 gram serat dan 15 gram protein. Warna gelap pada kacang ini menunjukkan tingginya kandungan flavonoid yang memiliki antioksidan tinggi. Ketika Anda menambahkan kacang-kacangan pada makanan lain, itu akan menambah kadar serat yang tinggi. Ini akan sangat menguntungkan bagi Anda yang melakukan diet, juga pastikan minum lebih banyak air.

Kacang

Kacang kaya akan serat dan kandungan antioksidan.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki sumber serat tinggi. Dengan konsumsi sekira 2 sendok makan, alpukat memiliki kadar 2 gram serat, sedangkan alpukat utuh mengandung sekira 10 gram. Alpukat juga sangat baik untuk membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Pasta gandum

Pasta gandum adalah sebuah alternatif untuk makanan kaya serat.

Beras merah

Setiap cangkir beras mengandung 3,5 gram serat. Jika Anda mengonsumsi lebih dari 5 porsi nasi putih dalam sepekan, maka ini akan meningkatkan risiko diabetes. Namun kalau Anda turut menambahkan beberapa porsi beras merah per pekan, maka akan dapat menurunkan risiko diabetes sebesar 11 persen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: