Makanan Ibu Hamil

Ketika perempuan sedang hamil, mereka harus lebih berhati-hati dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya keguguran. Para dokter selalu menyarankan kepada ibu hamil untuk membentuk kebiasaan hidup sehat. Terlepas dari apakah mereka sudah berolahraga dan istirahat yang cukup, diet yang sehat juga sangat penting dalam meningkatkan kesehatan tubuh ibu hamil.

Oleh karena itu, ibu hamil harus selalu menjaga pola makan sehat dan makan makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan bayi yang dikandung. Makanan yang bermanfaat bagi ibu hamil terutama meliputi buah-buahan, sayuran, daging, dan produk susu.

1. Sayuran dan buah-buahan

Penyerapan serat tinggi dapat meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit saat buang air besar. Perlu untuk selalu mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Seperti diketahui, vitamin C memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh manusia. Ketika sedang hamil, perempuan harus bisa senantiasa meningkatkan kekebalan tubuhnya demi menjaga agar janin tetap sehat. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi kol, brokoli, apel, jeruk, dan buah-buahan lain.

2. Daging kaya zat besi dan protein

Menurut dokter, ibu hamil harus melengkapi 27 miligram zat besi setiap hari. Selain daging, makanan lain, seperti hati hewan dan kacang kedelai, juga mengandung zat besi berlimpah. Namun, yang harus diperhatikan di sini adalah daging dan hati harus dimasak dengan matang untuk membunuh bakteri dan virus.

3. Mineral kalsium

Perempuan membutuhkan kalsium yang cukup untuk meningkatkan tulang dan mencegah osteoporosis. Banyak perempuan hamil terganggu oleh masalah tulang. Sebagai contoh, struktur tulang akan menjadi rapuh sehingga menyebabkan fraktur (patah tulang).

4. Asam folat

Makanan yang mengandung asam folat juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh ibu hamil. Asam folat tidak hanya dapat mencegah anemia bagi perempuan, tetapi juga mempercepat pengembangan sistem saraf untuk janin. Menurut penelitian medis, asam folat berlimpah terkandung dalam makanan vegetarian dan hewani. Ibu hamil dapat mengonsumsi sayuran hijau dan hati hewan untuk suplemen asam folat.

Makanan yang telah disebutkan di atas terbukti dapat memberikan banyak nutrisi penting bagi ibu hamil serta sangat membantu dalam mendukung kegiatan fisik sang ibu dan janin. Selain faktor makanan, hal yang tidak kalah penting adalah mereka juga harus menghentikan kebiasaan buruk, seperti minum alkohol dan merokok, untuk memberikan perlindungan sepenuhnya kepada janin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s