Ayo kita hidup sehat dengan sayuran hidroponik

Buah dan sayuran segar banyak sekali manfaatnya bila dikonsumsi secara teratur. Banyak memakan sayur-sayuran dan buah-buahan sudah pasti akan membuat badan lebih sehat dan bugar. Maka banyak-banyaklah mengkonsumsi aneka buah dan sayur untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, bukan?
Berikut ini adalah manfaat dari sayur mayur dan buah-buahan yang dapat kita konsumsi sehari-hari.

•Tomat, semangka dan strowberry, cranberry dan apel :
Buah-buahan berwarna merah ini paling baik dikonsumsi karena dapat berfungsi sebagai anti oksidan. Tomat dan semangka ampuh menjaga kesehatan mata dan prostat karena tomat mengandung lycopene (anti oksidan).
Sedangkan strawberry mengandung banyak vitamin c. Jus cranberry dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih, juga meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan antioksidan

• Kemanggi, daun jeruk dan kunyit :
Daun kemanggi sangat baik dimakan mentah. Biasanya daun kemanggi disajikan sebagai lalapan. Kalo saya biasanya kemanggi dan daun jeruk saya masak dengan sup ikan gurame atau patin untuk menghilangkan bau amis pada ikan.
Memakan daun kemanggi secara mentah juga dapat menghilangkan bau badan. Sering-seringlah memakan kemanggi secara mentah supaya badan menjadi segar sepanjang hari.
Sedangkan kunyit sangat bagus manfaatnya untuk para remaja putri dan wanita. Terutama pada masa menstruasi meminum segelas rebusan kunyit dan sedikit asem jawa dan gula merah dapat membersihkan darah kotor sekaligus menyegarkan bau badan. Sehingga badan akan terasa bugar, dan keluhan-keluhan saat menstruasi bisa ditekan.

• Bayam dan daun katuk :
Daun bayam mengandung banyak zat besi. Memakan bayam dan katuk dapat meningkatkan kadar zat besi dalam darah. Bayam dan katuk sangat baik di konsumsi anak-anak dan ibu yang sedang hamil dan setelah melahirkan. Karena zat besi-nya bisa meningkatkan kecerdasan anak dan manfaatnya buat ibu hamil dan menyusui supaya tidak gampang lelah. Sayur daun katuk juga dapat meninggkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui.

• Bengkoang dan beras :
Bengkoang kalo saya sih biasanya dibikin campuran rujak. Akar akaran ini ternyata bisa dipakai untuk merawat kecantikan. Caranya adalah dengan memarut bengkoang kemudian diberi sesendok susu bubuk. Lalu campuran tersebut dapat digunakan untuk membersihkan tubuh (berfungsi sebagai lulur). Dapat juga menggunakan campuran beras yang sudah ditumbuk untuk bersama bengkoang adalah paduan serasi. Karena beras yg telah ditumbuk tadi bisa berfungsi sebagai scrub untuk menghilangkan sel sel kulit mati. Dan kandungan tepung pada bengkoang dapat mencerahkan kulit, ditambah susu bubuk yang berfungsi menghaluskan kulit.

Masih banyak lagi manfaat yang terkandung dari bahan-bahan alami. Setidaknya kita telah menjaga, merawat kesehatan dan kebugaran tubuh tanpa harus khawatir akan efek samping yang ditimbulkan.

Sumber : kesehatan.kompasiana.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: